Tinkerbell

Rabu, 29 Oktober 2014

#PINTERNET - Psikoterapi via Internet

Perkembangan Teknologi Informasi Internet telah mendapat tempat sendiri dikehidupan manusia, termasuk pada layanan konseling. Pelayanan konseling tatap muka juga menimbulkan beberapa permasalahan. Dan diharapkan dapat teratasi dengan adanya pelayanan jarak jauh yang memungkinkan memberi bantuan kepada kliennya.

E-Counseling adalah salah satu pelayanan jarak jauh dan sebagai bentuk nyata dari aplikasi Teknologi informasi dalam bidang Psikologi. Aplikasi ini menawarkan proses Psikoterapi yang menggunakan media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut memberikan intervensi psikoterapi. E-counseling merupakan pelayanan intervensi psikoterapi yang dilakukan melalui internet, dimana prosesnya terlebih dahulu dilakukan melalui media ini dan kemudian menyusun rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face to face akan dilakukan. 

Fungsi E-counseling adalah membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya klien dan terapis bertemu.

Keuntungan dari E-Counseling yaitu :
1. Terdapat rekaman permanen dalam proses konseling
2. Seni mengetik akan membantu individu atau klien untuk merefleksikan pengalamannya
3. Klien dapan mengekspresikan kondisi "sekarang" atau saat klien sedang depresi, klien dapat langsung mengetik dan mengirim tanpa harus menunggu.

SUMBER :
- unnes.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

FITRIA AULIA NUFUS Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang